Tutorial C++ Bab 1 Part 1: Pemrograman Komputer

BAB I 
Dasar Dasar Pemrograman Komputer

Pemrograman Komputer

Komputer adalah sebuah yang dapat memudahkan kita kita untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Komputer dirancang untuk mengikuti instruksi. Program komputer merupakan sebuah instruksi yang digunakan oleh komputer untuk memecahkan masalah atau tugas-tugas yang diberikan padanya. Misalnya jika menggunakan komputer untuk menghitung pembayaran pada seorang pegawai maka langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.


  • Menampilkan pesan pada layar berapa jam kamu bekerja?
  • Menunggu pengguna memasukan data jam bekerja dan setelah ditekaan ENTER maka komputer akan memasukkan data ke dalam memory.
  • Menampilkan pesan pada layar berapa besarnya gaji tiap jamnya?
  • Menunggu pengguna memasukkan data per jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukkan data ke dalam memory.
  • Komputer melakukan perkalian anatar jumlah jam dengan gaji perjam.
  • Komputer menampilkan hasil perhitungan gaji pegawai yang harus dibawa pulang.


Sekumpulan instruksi-intruksi diatas disebut dengan algoritma. Algoritma adalah kumpulan instruksi yang terdefinisi langkah demi langkan secara baik dengan tujuan menyelesaikan masalah. Catatan langkah-langkah ini diurutkan secara esensial. Algoritma menginstruksikan menghitung besarnya gaji pegawai, untuk bekerja dengan langkah tersebut harus dikonversi bahasa yang bisa diproses komputer, karena kenyataannya prosesor hanya dapat memproses instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin. Prosesor hanya mengetahui penggunaan bilangan sebagai perintah yang harus dilakukan, oleh karena itu algoritma tersebut harus dikodekan menjadi bahasa mesin.

Penulisan bahasa mesin secara langsung akan sangat sulit dan membosankan. Supaya penulisan bahasa pemrograman komputer menjadi lebih mudah maka digunakan bahasa aras tinggi yang bahasanya sudah mendekati bahasa manusia. Dengan bahasa inilah programer dapat menulis instruksiinstruksi yang akan dilakukan oleh komputer. Pemrograman dengan menggunakan C++ misalnya akan menjadi lebih mudah dan C++ inilah yang akan mengkonversi bahasa program yang ditulis menjadi bahasa mesin. Dibawah ini merupakan program sederhana yang ditulis dengan bahasa C++.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

#include <iostream>
#include <conio.h>

using namespace std;

int main()
{
double jam, besar, bayar;
cout << "Berapa jam kamu bekerja? ";
cin >> jam; 
cout << "Berapa besar gaji tiap jamnya? ";
cin >> besar;
bayar = jam*besar; cout << "Kamu mendapat gaji (RP) " << bayar << endl;
getch();
return 0;
}

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Program diatas akam memilkiki tampilan output/keluaran.

Basic Computer Programming Basics Dasar Dasar Pemrograman Komputer

Basic Computer Programming Basics

Comments

Popular posts from this blog

Download MT6577 USB VCOM Drivers

Firmware Advan E1c 3G RAM 1gb dan 512 mb

Kumpulan Custom Rom untuk Xiaomi Redmi 2 Lengkap