Kenapa Laut Asin ?

Kenapa Laut Asin ?

Air laut berasal dari air hujan yang turun yang mengalir melalui sungai-sungai dan pada akhirnya bermuara di laut,
Kenapa Laut Asin ?

setelah itu akan mengalami menguap menjadi awan dan turun kembali menjadi hujan. Sepanjang proses tersebut, air yang mengalir melalui sungai-sungai membawa garam-garam mineral seperti kalium, kalsium, natrium dan lain-lain.

Garam-garam mineral tersebut didapatkan dari batu-batuan serta kerak bumi yang dilalui sepanjang air mengalir. Saat sampai di laut, garam-garam mineral tersebut tetap tinggal sedangkan H2O menguap menjadi awan. Garam-garam mineral yang tinggal inilah yang membuat air laut menjadi asin.

Salah satu faktor lain penyebab air laut asin adalah ventilasi hidrothermal, sebuah tempat di dasar laut yang panas dan menyebabkan air melarutkan lebih banyak mineral kemudian kembali lagi ke laut. Faktor lainnya adalah volkanisme bawah air, yang sistemnya sama, di mana panasnya menyebabkan air melarutkan lebih banyak mineral.

Kandungan garam pada air laut itu selalu stabil dari waktu ke waktu akibat siklus yang dijalaninya.

Sebagai kesimpulannya, kapan pun air bersinggungan dengan bebatuan baik di daratan maupun laut, beberapa mineral di batu tersebut larut dan dibawa air ke laut. Kandungan garam pada air pada air laut gak akan berubah karena mineral-mineral baru terbentuk di dasar laut setara dengan jumlah garam yang bertambah. Sehingga kandungan garam di laut selalu tetap stabil dari waktu ke waktu.

Tingkat keasinan air laut di setiap bagian dunia berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh keadaan suhu yang berbeda-beda. Sebagai contoh Laut Mati di Israel, karena suhu yang panas, penguapan yang dilakukan pun lebih besar sehingga tingkat keasinan air lautnya semakin tinggi.

Kadar garam Laut Mati sekitar 30% lebih tinggi dibandingkan air laut pada umumnya sehingga airnya pun 9 kali lebih asin dibandingkan air laut biasa.

Jadi air laut asin itu bukan karena ikan berkeringat lho…

Comments

Popular posts from this blog

Download MT6577 USB VCOM Drivers

Firmware Advan E1c 3G RAM 1gb dan 512 mb

Kumpulan Custom Rom untuk Xiaomi Redmi 2 Lengkap